Empat Dalil Manajemen Kualitas Crosby

December 31, 2010 · Print This Article

Oleh Hardi Purba

Philip B. Crosby mendefinisikan kualitas sebagai kesesuaian dengan persyaratan atau spesifikasi (conformance to requirements or specification). Sebagai seorang profesional manajemen kualitas, konsultan dan penulis buku ilmiah yang terkait dengan pengembangan kualitas moderen,  Crosby menyebarkan konsep tanpa cacat (zero defects)

Keempat dalil Crosby tersebut adalah:

Dalil Pertama: Defenisi kualitas adalah kesesuaian dengan persyaratan

Philip Crosby mendefinisikan kualitas sebagai kesesuaian dengan persyaratan (conformance to requirements), bukan sebagai tingkat ke-bagusan (goodness). Crosby memikirkan bahwa adalah penting mendefinisikan kualitas dalam rangka mengelola kualitas. Persyaratan pelanggan (customer requirements) harus diterjemahkan dalam karakteristik yang terukur bagi organisasi produk atau jasa.

Dalil Kedua: Sistem kualitas adalah pencegahan

Dalil kedua dibutuhkan penempatan order untuk menjamin bahwa produk atau penyediaan layanan suatu perusahaan sesuai dengan persyaratan konsumen. Pencegahan masalah kualitas jauh lebih efektif dari sisi biaya untuk jangka panjang.

Dalil Ketiga: Standar performa kualitas adalah zero defect

Dalil Keempat: Ukuran kualitas adalah ketidaksesuaian


One Response to “Empat Dalil Manajemen Kualitas Crosby”

  1. Dadan Dania on August 3rd, 2012 3:22 am

    Saya menaruh respek tinggi atas tulisan-tulisan Bapak Hardi Purba yang padat mudah difahami dan sarat makna. Semoga terus menulis dan menjadi shodaqoh jariyah di sisi Allah