Steve Jobs Mundur, Tim Cook Nahkoda Baru Apple

August 30, 2011 · Print This Article

Ditulis Oleh Hardi Purba

Steve JobsSeperti sudah banyak issu beredar sebelumnya, Rabu 24 Agustus 2011 perusahaan raksasa Apple resmi mengumumkan pergantian Steve Jobs sebagai pimpinan puncak perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat tersebut. Tidak dijelaskan secara rinci alasan pengunduran diri Steve Jobs dari jabatan CEO (Chief Executive Officer). Namun banyak pihak menduga alasannya adalah terkait kesehatan Jobs, yakni penyakit kanker pankreas yang sudah lama diderita pria berusia 56 tahun tersebut, bahkan operasi transplantasi hati sudah dijalaninya.

Di tangan Steve Jobs, Apple telah tumbuh menjadi perusahaan inovatif yang tercermin dari produk-produk smartphone kreatif yang dipasarkan tidak hanya di AS namun semakin banyak disukai oleh konsumen di luar AS, termasuk konsumen di Indonesia. Produk yang sangat mendunia seperti iPod, iPhone 1, iPhone 2, iPhone 3 dan iPhone 4 serta iPad 1 dan dan iPad 2 adalah telepon cerdas (smartphone) yang meraih sukses besar dan produk yang mendunia selama sekitar 20 tahun terakhir, dan dipercayai sentuhan tangan seorang Steve Jobs berada dibelakang terciptanya produk inovatif Apple Corporation. 

Pertanyaan yang ditunggu dan ingin diketahui publik dunia saat ini adalah terkait masa depan Apple semenjak ditinggal Jobs. Apakah Tim Cook akan mampu meraih sukses besar melalui peluncuran produk-produk inovatif yang selalu dinantikan konsumen serta sentuhan manajemen profesional sekelas Jobs?.

Menurut Departemen Keuangan AS, pemerintahnya memiliki cadangan kas sebesar US$ 73.768 milyar dan Apple memiliki saldo sebesar US$ 75.876 milyar pada akhir Juni, saat sebagian besar laporan kuartal terakhir dirilis ke media. Sejak peluncuran iPhone pada 2007 lalu dan upgrade selanjutnya, perusahaan berbasis Cupertino itu terus meraih kekuatan dan sahamnya di Nasdaq Stock Market melonjak melampaui US$ 400 untuk pertama kali. (http://tekno.liputan6.com). Itu berarti kekayaan Apple melebihi kekayaan pemerintah negara super power, AS…luar biasa..

Estafet kepemimpinan perusahaan raksasa tersebut selanjutnya diserahkan kepada Tim Cook. Tim Cook pertama kali bergabung dengan Apple sebagai Senior VP Operasi tahun 1998. Sebelumnya pria 50 tahun tersebut pernah bergabung selama 12 tahun di IBM. Sejak tahun 2005 Cook mulai memegang posisi penting sebagai COO (Chief Operational Officer) Apple.

Pertanyaan yang ingin diketahui publik dunia saat ini adalah masa depan Apple semenjak ditinggal Jobs. Apakah Tim Cook akan mampu meraih sukses besar melalui peluncuran produk-produk inovatif dan yang selalu dinantikan konsumen?….Semoga,…semoga cepat sembut Mr. Steve Jobs. Strategi pengembangan produk, pengembangan teknologi dan pemasaran serta kepemimpinan (leadership) Jobs telah menjadi inspirasi banyak kaum muda di seluruh dunia termasuk di Indonesia.