Training BasicSix Sigma (Batch-4) 8 September 2012

September 11, 2012 · Print This Article

Ditulis oleh Hardi Purba

Foto Training

Setelah menjalani liburan panjang, Program Studi MTI kembali menyelenggarakan Training Six Sigma (Basic) yang mayoritas pesertanya adalah Mahasiswa MTI Angkatan 09. Acara yang diikuti oleh 25 peserta dilaksanakan di Kampus Universitas Mercu Buana, Jl. Menteng Raya 29 Jakarta Pusat.

Acara dimulai pkl. 08:30 yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Prodi Magister Teknik Industri UMB, Bpk. Ir. Hardianto Hiridiastadi, MSIE., Ph.D.

Seperti tiga batch sebelumnya, Training SS Basic Batch-4 bertindak sebagai trainer adalah Ir. Salmon Tampubolon, SSBB.,dan Hardi Purba. Penguasaan materi dengan case study yang disampaikan trainer dibumbui humor segar dari kedua trainer membuat peserta tetap ceria dan mengikuti seluruh rangkaian training khususnya seluruh tahapan dalam Six Sigma yakni Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control yang sering disingkat menjadi D-M-A-I-C.

Design of Experiment sebagai salah satu bagian dari Improvement, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok melaksanakan eksperimen “Helicopter”, dengan dengan mencoba beberapa desain dan mengukur waktu lama terbang dari ketinggian yang sama.

Terima kasih kepada Ibu Fani, Bpk. Dadi beserta segenap staf Prodi MTI UMB, juga kepada Bpk. Ir. Salmon T., SSGB, beserta kepada segenap peserta training.