Pelaksanaan Training Six Sigma di Universitas Muhammadiyah Cirebon

December 12, 2012 · Print This Article

Ditulis oleh Hardi Purba

UMC CirebonTraining Six Sigma (level basic) telah dilaksanakan pada tgl. 9 Desember 2012 di kampus Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) diikuti oleh 68 peserta. Acara dibuka tepat pukul 08:00 WIB oleh Kepala Program Studi (Kaprodi) Jurusan Teknik Industri UMC, Ibu Nuri Kartini.

Pelaksanaan training ini bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI UMC), Program studi Teknik Industri UMC, dan  Pro Innovation Consulting dari Jakarta, yang terdiri dari Humiras Hardi Purba, MT.,SSGB  dan Ir. Salmon Tampubolon, SSBB. Suasana pelatihan  berlangsung sangat hangat yang membutuhkan konsentrasi tinggi dari seluruh peserta karena materi acara yang sangat padat dengan secara langsung masing-masing peserta mendemonstrasikan di notebook masing-masing, dimana seluruh materi pelatihan yang diberikan sudah dicetak dalam bentuk modul yang dibagikan kepada seluruh peserta yang hadir.

Setiap materi yang disampaikan trainer selalu memberikan kesempatan (sesi) tanya jawab untuk memastikan seluruh peserta dapat mengikuti dan memahami bahan pengajaran yang disampaikan.

Terima kasih kepada Ibu Nuri Kartini, ST, Bpk. Johan, Bpk. Nana Tri Solvena, Ibu Arie Susetio Utami, serta segenap panitia yang telah mempersiapkan acara pelatihan satu hari berlangsung dangan sangat baik.

Ada pun materi training Six Sigma level dasar (basic) yang diberikan secara umum terdiri dari:

  1. Pengantar Six Sigma
  2. Konsep Six Sigma
  3. Statistical concept (Minitab S/W application)
  4. Six Sigma implementation
  5. Design of Experiment (DoE)

Pada bagian DoE seluruh peserta yang dibagi menjadi 10 kelompok secara antusias melakukan eksperimen untuk mendapatkan desain yang optimal lama terbang “helicopter” dengan simulasi dan desain dan pilUMC Cirebon1ihan dimensi  yang telah ditetapkan.

Acara secara resmi ditutup kembali oleh Kaprodi Teknik Industri UMC Ibu Nuri Kartini, ST dan dilanjutkan dengan sesi foto seluruh peserta dengan trainer, Bp. Ir. Salmon Tampubolon, SSBB dan Humiras Hardi Purba, ST.,SSGB.

Sampai bertemu lagi di lain kesempatan,…..Sayonara…

2 Responses to “Pelaksanaan Training Six Sigma di Universitas Muhammadiyah Cirebon”

  1. Eris on February 8th, 2013 11:06 pm

    Dear Pak,

    Kapan ada lagi Training Six Sigma GB di UMB?

  2. admin on February 12th, 2013 6:33 pm

    Dear Pak Eris,
    Rencana sekitar Mei-Juni Pak.
    Didaftar saja dulu ke Bu Fani, maksimal jumlah peserta adalah 15 orang.
    Terima kasih.
    Salam sukses.