14 Poin Strategi Kualitas Edward Deming

Dr. W. Edward Deming (1900-1993) merupakan tokoh kualitas yang telah turut memberikan warna tersendiri pada perkembangan manajemen kualitas. Kalau Joseph M. Juran mendefinisikan kualitas sebagai “ketepatan dan kesesuaian dalam pemakaian”, Philip Crosby sebagai “kepuasan pelanggan”, Deming mendefinisikannya sebagai “kesesuaian dengan permintaan pelanggan”.

Strategi Kualitas Edward Deming

14 Poin Strategi Kualitas Edward Deming

Empat belas poin tentang manajemen kualitas dari Edward Deming yang kesohor di seluruh dunia itu adalah:

1. Membuat misi perusahaan dan komitmen terhadapnya.

2. Pelajari dan terapkan pilosofi baru.

3. Pahami tujuan pemeriksaan. Hilangkan mass inspection dengan menggunakan statistik.

4. Akhiri praktek bisnis yang dikendalikan oleh biaya.

5. Perbaiki sistem produksi dan layanan servis secara konstan.

6. Pelatihan karyawan dengan metode yang modern.

7. Mengajar dan menanamkan kepemimpinan. Tanggungjawab para manajer dan supervisor harus diubah: dari pencapaian target berupa angka-angka belaka (kuantitas) ke kualitas.

Dari Hardi Purba Blog lainnya:  Konsep Trilogi Kualitas

8. Mengusir ketakutan dan menciptakan kepercayaan.

9. Mengoptimalkan tim dan usaha setiap individu. Menghilangkan barrier (penghalang) antar bagian dan staf di semua area. Bangun komunikasi yang baik dan efektif.

10. Menghilangkan desakan sebagai kekuatan bekerja. Hapuskan penggunaan slogan, semboyan, poster dan desakan sebagai kekuatan bekerja, menuntut hasil sempurna (tanpa defect), dan peningkatan level produktivitas tanpa menyediakan metode.

11. Hilangkan kuota angka-angka dan tujuan dalam manajemen. Gantikan dengan peningkatan mutu dan produktivitas berkesinambungan.

12. Hapuskan barrier antara pekerja dan buat mereka untuk berbangga atas hasil pekerjaanya.

13. Mendorong pendidikan dan pelatihan karyawan untuk mereka dapat mengetahui dan mengikuti tren kemajuan dan perkembangan.

Dari Hardi Purba Blog lainnya:  Antara Hiroshima-Nagasaki dan Toyota-Kaizen

14. Komitmen manajemen puncak (top management) dalam memenuhi hal-hal tersebut.

Deming Award Toyota Motor Corporation

Toyota Motor Corporation pernah mendapatkannya Deming Award pada tahun1965 untuk mobil tipe Toyota Corona. Penghargaan Deming Award diberikan kepada perusahaan otomotif terkemuka ini, sebagai bentuk kesuksesan perusahaan negara matahari terbit ini mengembangkan sistem manajemen kualitas terpadu.

Soichiro Toyoda (1966) menerapkan program pengendalian (control) kualitas berdasarkan pada teori Dr. W.Edward Deming. Hasilnya sungguh mengagumkan. Produk mobil tipe Corona meraup sukses besar tidak hanya di negara asalnya Jepang namun juga di Amerika Serikat.

Program pengendalian kualitas pada semua lini Toyota yang berlandaskan teori sang ilmuwan sekaliber Edward Deming dengan sukses menghantarkan Toyota ke posisi puncak dengan berhasil secara spektakuler melakukan penetrasi pasar otomotif di Amerika Serikat, dan sekaligus menempatkan Toyota sebagai pesaing utama produsen mobil terkemuka: General Motors, Ford dan Chrysler yang sudah sejak lama menguasai pangsa pasar otomotif AS dan dunia.

Dari Hardi Purba Blog lainnya:  Kisah Buruk dari Detroit

Kata banyak orang terkadang sebuah teori penemuan hanyalah kumpulan beberapa lembar kajian teoritis yang rumit dan sulit diterapkan di lapangan pekerjaan yang sesungguhnya. Namun berbeda dengan teori temuan Dr. W. Edward Deming. Gagasannya yang cerdas telah membawa perubahan sudut pandang dan paradigma dunia akan pentingnya manajemen kualitas.

Banyak perusahaan besar yang terbukti sukses dengan mempelajari dan menerapkan konsep pemikirannya tentang manajemen kualitas yang sangat lengkap dan berkesinambungan mulai dari – Plan (perencanaan)- Do (pelaksanaan)- Check (pengecekan) dan Action.

Penulis: Hardi Purba

 

14 Poin Strategi Kualitas Edward Deming

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *