Pengertian Ekonomi Makro dan Variabelnya

Pengertian Ekonomi Makro

Pengertian Ekonomi Makro adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari ekonomi secara global, yaitu mempelajari perilaku ekonomi suatu wilayah atau negara tertentu dan bukan interaksi antara pelaku ekonomi yang terjadi di sana. Cabang ekonomi ini mempelajari variabel dan indeks seperti PDB global, tingkat inflasi, pertumbuhan ekonomi suatu negara, investasi, krisis, dan lain-lain.

Ekonomi Makro (macroeconomic) dipahami sebagai pendekatan teori ekonomi yang mempelajari indikator global dari proses ekonomi , menekankan variabel global seperti:

  • Jumlah total barang dan jasa yang diproduksi.
  • Jumlah pendapatan .
  • Total tingkat pekerjaan.
  • Tingkat sumber daya produktif.
  • Tingkat neraca pembayaran.
  • Kurs.
  • Perilaku umum harga.

Dengan kata lain, ini adalah pendekatan ekonomi secara keseluruhan, bertentangan dengan pendekatan individu oleh agen ekonomi yang diusulkan oleh ekonomi mikro.

Ekonomi Makro memperbaiki minatnya pada ekonomi lokal, regional atau global , memberikan perhatian khusus pada indikator dampak politik yang tinggi dan dalam kehidupan sehari-hari, yang memungkinkan pemahaman fenomena kompleks stabilitas ekonomi dan keuangan yang mengintervensi kawasan.

Dari Hardi Purba Blog lainnya:  Pengertian Ekonomi Mikro dan Cabangnya

Untuk melakukan ini, pendekatan ekonomi makro  menggunakan pengukuran, statistik, dan besaran makro  yang menawarkan perkiraan umum untuk berbagai segmen ekonomi, seperti Produk Domestik Bruto (PDB), Tingkat Bunga atau Tingkat Pengangguran.

Asal usul pendekatan khusus ini dapat ditelusuri kembali ke tahun 1936, tahun di mana John Keynes dari Inggris menerbitkan  Teori Umum Ketenagakerjaan, Bunga dan Uang , sebuah karya fundamental dalam sejarah ekonomi Barat, karena berisi penjelasan tentang hal itu yang disebut Depresi Hebat tahun 1920-an.

Keutamaan studi Keynes, di luar itu, adalah mematahkan tradisi para ekonom sebelumnya yang menerima siklus bisnis sebagai hal yang tak terelakkan. Menurutnya, kebijakan fiskal dan moneter dapat digunakan sebagai alat untuk memerangi pengangguran, sehingga menghasilkan peningkatan produksi dan menghentikan bencana ekonomi. Sejak saat itu, ekonomi makro dianggap sebagai alat vital dalam memandu nasib bangsa-bangsa .

Dari Hardi Purba Blog lainnya:  Pentingnya Ilmu Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari

Variabel Ekonomi Makro

Ekonomi Makro memusatkan perhatiannya pada serangkaian isu sentral untuk kinerja ekonomi suatu wilayah, yang menonjol sebagai berikut:

Pertumbuhan ekonomi

Analisis dan pengendalian faktor -faktor yang memungkinkan peningkatan produksi, pendapatan, atau indikator ekonomi jangka panjang di wilayah tertentu.

Pasar tenaga kerja dan pengangguran

Pengangguran adalah salah satu masalah terbesar dari cabang ekonomi ini, oleh karena itu diperlukan strategi yang memadai untuk mengukur dan memahami fenomena tersebut, untuk mengatasinya dengan benar.

Ekonomi internasional

Globalisasi dan modal keuangan internasional telah menjalin ekonomi dunia sedemikian rupa sehingga beberapa fenomena ekonomi saat ini tidak berdampak pada tetangga atau mitra ekonomi mereka. Dalam pengertian ini, studi tentang pendekatan internasional yang berbeda terhadap ekonomi, seperti proteksionisme atau nilai tukar, diperlukan.

Kebijakan moneter

Instrumen kontrol uang adalah alat utama yang dapat digunakan suatu negara atau koalisi pemerintah untuk menghadapi masalah ekonomi makro untuk mempengaruhi produksi dan lapangan kerja.

Dari Hardi Purba Blog lainnya:  Kawasan Ekonomi Khusus Percepat Pembangunan dan Daya Saing Ekonomi

Hubungan Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro

Bagian dari ekonomi makro terkait erat dengan ekonomi mikro, karena keduanya berkembang dan bekerja sama dan saling mempengaruhi. Indikator makro ekonomi memungkinkan regulasi dan pengambilan keputusan dalam lingkup mikro ekonomi, karena indikator tersebut memberikan informasi tentang keadaan ekonomi global yang berdampak pada semua keputusan dan transaksi ekonomi.

Kedua pendekatan tersebut berusaha untuk meningkatkan atau menanggapi masalah ekonomi dengan memfasilitasi atau menyediakan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan oleh pelaku dan pelaku pasar.

Demikian penjelasan apa itu ekonomi makro (macroeconomic) dan variabel yang dipelajarinya. Selain itu, asal muasal pendekatan ekonomi makro dan topik yang dicakupnya. Semoga bermanfaat.

 

Pengertian Ekonomi Makro dan Variabelnya

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *