Pengertian Ilmu Ekonomi, Tujuan dan Jenisnya

Pengertian Ilmu Ekonomi

Pengertian ilmu ekonomi adalah ilmu sosial yang mempelajari mode organisasi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka dari waktu ke waktu, melalui set barang dan sumber daya yang selalu langka dan terbatas.

Dengan kata lain, ilmu ekonomi ini merupakan studi tentang produksi, ekstraksi, pertukaran, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa dalam masyarakat dan waktu tertentu, serta konteks yang menyertai semua kegiatan ekonomi, seperti pemerintah , administrasi , masyarakat, keuangan, budaya , dll. Semua bidang di mana ekonomi memiliki aplikasi lebih atau kurang.

Kita dapat mengatakan bahwa ekonomi tertarik pada dinamika yang berbeda dari sirkulasi barang dalam masyarakat , yang menyajikan pendekatan yang sangat luas dan beragam, yang menggabungkan pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu , seperti psikologi , sosiologi , akuntansi, filsafat , politik , hukum dan matematika dan lain sebagainya .

Tujuan ilmu ekonomi

Tujuan fundamental ekonomi selalu untuk meningkatkan kondisi kehidupan masyarakat , melalui pemahaman proses keuangan dan konsumsi mereka, yang dengan demikian dapat dibuat lebih efisien dan demokratis.

Ini jelas terjadi baik melalui ekonomi “eksperimental”, yang mengejar solusi konkret, dan melalui ekonomi yang lebih filosofis dan historis, yang mendekati subjek dari perspektif yang lebih umum.

Dari Hardi Purba Blog lainnya:  Pentingnya Ilmu Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari

Pentingnya ilmu ekonomi

Ekonomi adalah salah satu bidang studi utama masyarakat modern , seperti yang telah kami katakan, mengingat pentingnya pengaturan dan pengendalian dinamika produktif di dunia yang menjanjikan untuk menjadi semakin kompleks dari perspektif keuangan dan sosial.

Revolusi Industri abad ke-19 dan, kemudian globalisasi ekonomi pada akhir abad ke-20, menghasilkan penekanan penting pada ilmu-ilmu ekonomi, mengingat kebutuhan untuk memikirkan metode produksi dan distribusi kekayaan di dunia yang semakin banyak dihuni oleh manusia.

Contoh ilmu ekonomi

Contoh yang mungkin dari ilmu ekonomi adalah masing-masing dari banyak aplikasinya, seperti:

  • Geografi Ekonomi. Studi tentang proses ekstraksi dan komersialisasi sumber daya alam dan bahan mentah , atau barang dan jasa manufaktur, dari perspektif geografis .
  • Ekonomi politik. Studi tentang hubungan timbal balik antara proses pasar keuangan dan dinamika politik, antropologis dan sosial suatu bangsa atau wilayah atau umat manusia.
  • Administrasi bisnis . Disiplin yang bertanggung jawab untuk mempromosikan dan memahami dinamika kontrol dan manajemen proses produktif dari berbagai organisasi manusia, publik atau swasta.
  • Filsafat ekonomi. Cabang filsafat yang mempelajari prinsip-prinsip dan aspek moral kegiatan ekonomi, dan mengusulkan teori untuk pendekatan etis dan memadai.
Dari Hardi Purba Blog lainnya:  Pengertian Ekonomi Makro dan Variabelnya

Jenis-jenis ilmu ekonomi

Ada perbedaan penting dalam ilmu ekonomi, yang merupakan pendekatan khusus untuk pengetahuan mereka, seperti:

  • Teori ekonomi. Studi sebagai sistem ekonomi, membandingkan dinamika, prinsip-prinsip filosofis dan teori perilaku secara abstrak.
  • Ekonomi terapan. Ia berusaha menggunakan alat-alat ekonomi untuk memecahkan masalah- masalah khusus di negara-negara.
  • Ekonomi makro. Ini mempelajari ekonomi negara-negara dan seluruh dunia, memahaminya sebagai sistem rantai yang saling mempengaruhi secara timbal balik.
  • Ekonomi mikro. Ini mempelajari kinerja berbagai pelaku ekonomi, seperti perusahaan, negara, individu, dll. dalam skala di bawah bangsa.
  • Ekonomi normatif. Ini mempelajari proses ekonomi sebagai norma, yaitu, sebagai “seharusnya”.
  • Ekonomi positif. Ini mempelajari proses ekonomi seperti saat ini, yaitu, sebagai “mereka”.
Dari Hardi Purba Blog lainnya:  Pengertian Ketergantungan Ekonomi Negara

Siapa yang menggunakan ilmu ekonomi?

Ekonom adalah orang-orang yang melakukan studi tentang pengetahuan ini dan mengelola teori dan referensi dalam jumlah terbesar di daerah tersebut. Namun, ekonomi menyediakan layanan mendasar untuk disiplin akademis lain dan perspektif analitis seperti politik, sejarah, manajemen, keuangan, dan bahkan sosiologi.

Aspek ekonomi selalu menjadi salah satu dimensi umum analisis realitas manusia serta budaya, sejarah atau biologis. Bahkan, aliran filsafat Marxis, pewaris postulat Karl Marx dan materialisme dialektisnya, menganggap bahwa ekonomi adalah faktor dasar untuk studi sejarah, karena akan dimobilisasi menuju perubahan melalui perjuangan kelas, yaitu ketegangan antara strata masyarakat untuk mengendalikan dinamika produksi barang dan jasa sesuai keinginan mereka.

Demikian penjelasan singkat apa yang disebut ilmu ekonomi, dan siapa yang menggunakannya serta cabang, tujuan, kepentingan dan contoh ilmu ekonomi. Semoga bermanfaat.

 

Pengertian Ilmu Ekonomi, Tujuan dan Jenisnya

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.