Pentingnya Ilmu Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari

Ilmu Ekonomi dalam Kehidupan

Seberapa pentingkah ekonomi dalam kehidupan sehari-hari? Ekonomi adalah disiplin ilmu yang mempelajari dinamika kompleks produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa oleh masyarakat yang berbeda dan agen yang berbeda yang terlibat dalam rantai tersebut.

Ilmu ekonomi adalah bidang pengetahuan manusia yang sangat luas, hasil dari banyak perdebatan dan yang tujuannya adalah untuk menemukan cara terbaik untuk menggunakan sumber daya yang langka dan terbatas yang tersedia di dunia, untuk memuaskan mereka sebanyak mungkin. kebutuhan manusia yang tidak terbatas .

Seringkali masalah ini mungkin tampak jauh bagi kita, terutama ketika disajikan dengan terminologi khusus, menggunakan penalaran dan konsep yang berkaitan dengan sejarah, sistem ekonomi-politik, dan filosofi uang.

Ini karena ekonomi sebagai ilmu sosial bukanlah disiplin eksak dengan postulat universal, seperti kimia atau fisika, tetapi setiap orang memiliki perspektif mereka sendiri tentang masalah ini, meskipun beberapa mungkin lebih terinformasi daripada yang lain.

Dari Hardi Purba Blog lainnya:  Kawasan Ekonomi Khusus Percepat Pembangunan dan Daya Saing Ekonomi

Perekonomian bekerja pada dua tingkat:

  • Ekonomi Makro yang merenungkan seluruh sistem produksi, distribusi dan konsumsi.
  • Ekonomi mikro yang terlihat lebih pada skala kecil ekonomi keluarga. Yang terakhir inilah yang biasanya dapat kita saksikan dalam kehidupan sehari-hari, karena ini adalah yang paling dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, tetapi ini setara dengan melihat kaki gajah melalui lubang dan percaya bahwa ini adalah hewan seutuhnya.

Ilmu Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari

Jika dikatakan bahwa kehidupan sehari-hari sama sekali tidak berhubungan dengan ekonomi, maka itu tidak benar. Faktanya, banyak tindakan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari kita adalah kegiatan ekonomi yang merupakan bagian dari sirkuit produksi, distribusi, dan konsumsi di beberapa titik.

Dari Hardi Purba Blog lainnya:  Pengertian Ekonomi Mikro dan Cabangnya

Ketika kita menyalakan dapur untuk memasak makanan kita, atau ketika kita membelinya di supermarket, atau ketika kita pergi bekerja untuk menghasilkan barang dan jasa lain, kita berpartisipasi dalam sirkuit raksasa ekonomi lokal dan bahkan internasional.

Pikirkan seperti ini: untuk sebuah produk untuk mencapai rak toko tempat kita membelinya, itu harus diproduksi di suatu tempat oleh orang-orang yang mendapat gaji , dan kemudian diangkut ke kota kita dan didistribusikan di toko-toko yang berbeda, di mana ia dijual kepada kita oleh karyawan lain, mengumpulkan biaya tenaga, waktu dan tenaga, yang pada akhirnya menentukan harga yang kita bayar.

Dalam rantai raksasa kehidupan ini, kami adalah konsumen (pembeli) dan pekerja yang berkontribusi, dalam pekerjaan kami masing-masing, yang untuknya kami mendapatkan gaji.

Dari Hardi Purba Blog lainnya:  Pengertian Ilmu Ekonomi, Tujuan dan Jenisnya

Di sisi lain, cara kerja perekonomian dapat dilihat dari kekurangan atau konsekuensi negatifnya. Ketika harga produk dan jasa naik (inflasi), membuat uang yang kita peroleh menghasilkan kita lebih sedikit dari sebelumnya, kita merasakan efek ekonomi yang berdampak pada kehidupan kita sehari-hari, karena ini mungkin menyiratkan bahwa kita berhenti mengkonsumsi barang-barang tertentu, atau menemukan pengganti yang lebih murah untuk mereka.

Demikian penjelasan pentingnya ekonomi dalam kehidupan sehari-hari dan apa perbedaan antara ekonomi makro dan ekonomi mikro.

 

Pentingnya Ilmu Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *