Respon Pelanggan pada Pengembangan Produk

Tim pengembangan produk yang berkualitas dan mumpuni dalam segala aspek standar yang dibutuhkan pada pengembangan suatu produk baru, pasti tidak akan mau berjudi dengan produk yang dikembangkannya. Itu artinya pula, produk baru yang akan dibuat terlebih dahulu diperkenalkan ke calon customer, untuk memastikan prospek dan masa depan produk baru tersebut. Apakah pasar akan merespon dan menerima atau sebaliknya menolak.

Respon Pelanggan

Respon Pelanggan pada Pengembangan Produk

Idealnya proses pengenalan ke konsumen dilakukan jauh sebelum produk tersebut dibuat atau diproduksi secara massal (mass production). Bahkan aktivitas ini dilakukan ketika produk yang sedang dikembangkan masih berupa konsep. Hasil rancangan desain dapat dibuat sebagai representasi produk baru. Rendering dan sketsa produk juga sangat membantu, sehingga para calon konsumen dapat memberikan penilaian yang objektif akan value (nilai) produk yang akan dipasarkan.

Dari Hardi Purba Blog lainnya:  Poka Yoke : Strategi Cerdas Mengontrol Kualitas

Dengan bantuan CAD (Computer Aided Design) yang sudah sangat maju seperti sekarang ini, menjadi penting dalam menunjukkan representasi produk yang ditawarkan. Tentu tidak terlepas dari penjelasan secara verbal dengan uraian terinci akan kualitas dan keunggulan produk baru dari tim yang terlatih. Walau pun sangat jarang terlihat, namun umumnya produk dengan nilai investasi tinggi melakukannya.

Sangat berisiko apabila tim pengembangan produk baru mengabaikan tahapan yang satu ini. Konsep dan desain produk yang sudah ditetapkan tim pengembangan produk bukanlah harga mati. Respon calon pelanggan juga sangat bermanfaat memberikan masukan dan penyempurnaan agar produk tersebut nantinya lebih unggul dan direspon pasar secara positif, dengan mengakomodir suara pelanggan secara optimal.

Bagaimana kalau calon konsumen meminta penyempurnaan suatu konsep?. Atau bahkan mengurangi fitur dan penyempurnaan desain?. Ya itu semua menjadi faktor sangat penting menuju kesuksesan produk baru.

Dari Hardi Purba Blog lainnya:  Respon Pelanggan pada Pengembangan Produk

Jika memang rasional dan memungkinkan, tidak salah melakukan revisi atau perubahan suatu konsep desain. Pada akhir permintaan respon pelanggan, tim pengembangan produk perlu menanyakan secara to the point apakah nanti mereka akan membeli produk tersebut atau tidak jika kelak diluncurkan ke pasar. Atau masih pikir-pikir?. Atau bahkan tidak akan meresponnya?. Pengakuan jujur calon pembeli menjadi sangat menentukan kesuksesan suatu produk baru.

Walau pun dilakukan secara terbuka, namun harus tetap menjaga kerahasiaan produk baru dengan konsep yang ditawarkan. Jangan sampai bocor ke tangan competitor (pesaing), karena akan sangat berisiko dari sisi bisnis. Mungkin itulah salah satu faktor yang menyebabkan jarangnya kita melihat proses interaksi respon pelanggan akan suatu konsep produk baru secara terbuka.

Dari Hardi Purba Blog lainnya:  Tipe Pemborosan yang Unik

Penulis: Hardi Purba

 

Respon Pelanggan pada Pengembangan Produk

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *