Alasan Mengapa Perlu Buka Bisnis Online

Buka Bisnis Online

Ada banyak alasan orang memilih terjun ke Bisnis Online daripada Bisnis Konvensional, apalagi di saat krisis seperti saat ini di antaranya:

  • Biaya untuk memulai usaha di bisnis online sangat rendah, tidak perlu sewa kios/ruko, tidak perlu menggaji pegawai, tidak perlu biaya untuk mengurus surat perijinan, dan berbagai biaya yang sering  menghambat orang untuk memulai usaha. Anda bisa memulai usaha anda cukup dari rumah, dan anda hanya perlu website sebagai tempat memajang produk anda dan juga berfungsi sebagai “karyawan” anda yang bekerja 24 jam sehari tanpa perlu digaji.
  • Biaya operasional yang sangat rendah, semua proses bisa dibuat berjalan secara otomatis seperti menerima dan menjawab kontak dari customer, memproses transaksi secara otomatis, dan mengirimkan follow up, dll.
  • Resiko kerugian yang sangat minim, karena biaya awal hanya beli domain dan sewa hosting saja.
  • Peluang pasar terbuka lebar karena menjangkau seluruh dunia, atau bisa juga hanya fokus di pasar lokal di dalam negeri saja.
  • Jam operasional lebih lama yakni 24 jam tanpa jeda dan tidak perlu ditunggui, bisnis konvensional terbatas buka dan tutup pada jam tertentu saja.
  • BEP (Break Even Point) sangat cepat tercapai dengan ROI (Return On Investment) yang berlipat-lipat.
Dari Hardi Purba Blog lainnya:  Pentingnya Budaya Organisasi di Perusahaan

Anda siap untuk mulai Bisnis Online?

Tidak peduli apakah anda ingin meng-online-kan bisnis offline anda, atau mau langsung mulai bisnis online, maka ada 3 faktor mendasar yang perlu anda perhatikan agar mencapai sukses di bisnis online, yaitu:

1. Produk

Anda harus memiliki atau merancang produk yang benar-benar diminati orang, sulit didapatkan secara offline atau lebih murah dibanding yang bisa didapatkan secara offline, mudah untuk dikemas dan dikirimkan ke konsumen, dll. Produk yang paling memenuhi syarat tersebut adalah produk digital seperti e-book, software, game, video, dll. Tapi tidak berarti bahwa produk fisik tidak cocok untuk dipasarkan secara online. Buktinya Amazon.com sukses besar menjual produk fisik ke seluruh dunia.

2. Website

Anda harus memiliki website (situs) sebagai tempat untuk memajang produk anda. Saat ini sebenarnya tidak harus punya website sendiri karena sudah banyak market place yang menydiakan “lapak” jualan. Namun jika memiliki web sendiri akan dapat membantu sebagai promosi, ulasan lengkap, diskusi dan lainnya. Dan jangan lupa, juga harus memiliki kemampuan untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli.

3. Traffic (pengunjung)

Sebaiknya anda berusaha mendatangkan pengunjung yang tertarget, pengunjung yang benar-benar mencari produk seperti produk yang anda jual. Tidak ada juga gunanya memiliki banyak pengunjung, tetapi bukan pengunjung tertarget sebab hanya akan menghabiskan bandwidth situs anda.

Dari Hardi Purba Blog lainnya:  Pengertian Manajemen Bisnis dan Fungsinya

Biasanya pengunjung yang tertarget adalah pengunjung yang berasal dari Search Engine seperti Google sehingga anda perlu melakukan SEO agar situs anda bisa masuk di halaman pertama pencarian Google untuk keyword yang sesuai dengan produk anda.

Rahasia Dibalik Kesuksesan Bisnis Online

Tetapi ditengah-tengah banyakan orang yang menjalankan bisnis online tak sedikit yang gagal atau kurang berhasil dalam menjalankan bisnis online. Lalu apakah rahasia dibalik kesuksesan bisnis online? Simak 3 penjelasan dibawah ini.

1. Pola Pikir Yang Benar

Pola pikir adalah hal terpenting dalam mencapai keberhasilan didunia bisnis. Karena itu ketika Anda menjalankan bisnis online perlunya pola pikir atau midset yang benar agar dapat menjadi seorang yang berhasil didunia online ini. Artinya mempunyai pola pikir selayaknya seorang yang sudah profesional. Rahasia bisnis online ini sudah harus Anda kuasai sebelum dan ketika menjalankan bisnis online.

Seorang yang sudah profesional akan mengerti bahwa bisnis online sama dengan bisnis offline, yang harus memerlukan waktu, dana, keahlian, ketekunan, dan sebuah keinginan yang besar untuk meraih kesuksesan serta tidak pantang  menyerah dalam belajar terus menerus. Jika sudah menguasai rahasia ini maka Anda akan menjadi seorang pebisnis sukses.

Dari Hardi Purba Blog lainnya:  Kelebihan dan Kekurangan Jadi Internet Marketer

2. Melakukan Penelitian

Melakukan penelitian merupakan salah satu rahasia sukses bisnis online. Saat Anda menjalankan bisnis online perlunya melakukan penelitian yang mendalam, yaitu melakukan penelitian yang berhubungan dengan bisnis online. Contohnya ide, produk, website, kompetitor, cara promosi, lokasi, dll.

Dengan melakukan banyaknya penelitian maka akan membantu Anda dalam menjalankan bisnis online yang seperti apa dan bagaimana. Cara ini juga menolong Anda untuk lebih sukses dalam menjalankan bisnis online.

3. Website, Domain dan Hosting

Website, domain dan hosting merupakan 3 elemen penting dalam bisnis online. Ketika Anda mempunyai bisnis online pastinya harus dipasarkan agar dapat dikenal lebih luas. Karena itu ketika ingin memasarkan bisnis online Anda perlu adanya tiga komponen penting ini sebagai alat untuk memasarkan produk atau jasa yang miliki. Pastikan sebelum menjalankan bisnis online Anda sudah mempunyai ketiga komponen ini agar bisnis online berjalan dengan sukses.

Selamat menjalankan bisnis online anda…

 

Alasan Mengapa Perlu Buka Bisnis Online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.