Memulai Usaha Bisnis Online Bagi Pemula

Memulai Usaha Bisnis Online

Saat ini usaha bisnis online sudah menjadi daya tarik bagi semua orang, terutama kalangan milenial. Ulasan singkat dibawah ini akan memandu Anda untuk memahami gambaran besar bagaimana memulai suatu usaha agar Anda tidak salah jalan.

Langkah Awal Buka Usaha

Apa Yang Dibutuhkan Pasar?

Langkah awal buka usaha ialah kita harus bertanya tentang apa yang dibutuhkan oleh pasar. Bukan sebaliknya kita membuat produk terlebih dahulu tanpa mengetahui apa yang butuhkan oleh pasar. Jika kebetulan dibutuhkan, Anda beruntung. Jika tidak dibutuhkan? Maka Anda akan buntung.

Saat awal, Anda harus memastikan bahwa produk Anda dibutuhkan oleh masyarakat. Untuk mengetahui hal ini, tidak bisa dilakukan dengan kira-kira saja. Misalnya: “semua orang butuh sembako”. Apakah bisnis sembako akan menguntungkan? Belum tentu, Anda harus melihat supply-nya. Jika dilingkungan Anda sudah banyak yang jual sembako, maka bisnis tidaklah begitu menjanjikan.

Yang dimaksud dibutuhkan oleh pasar ialah pasar benar-benar membutuhkan sementara penyedia produk atau jasa tersebut masih kurang. Selain itu kita juga harus memperhatikan jumlah pasar yang membutuhkan produk tersebut. Jika sedikit, maka bisa jadi ide bisnis Anda kurang menjanjikan.

Dari Hardi Purba Blog lainnya:  Kelebihan dan Kekurangan Jadi Internet Marketer

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kebutuhan pasar. Tentu tidak akan bisa dibahas disini karena pembahasannya memerlukan ruang yang sangat besar. Anda perlu mencari rujukan lain bagaimana mengetahui kebutuhan pasar.

Untuk saat ini, yang penting Anda menyadari konsep yang benar dalam memulai bisnis. Pasar dulu baru membuat produk, bukan sebaliknya membuat produk dulu baru mencari pasar.

Peluang Usaha Itu Banyak

Jangan bingung memilih usaha, pilihlah yang Anda sukai. Tapi sebelumnya luangkan waktu untuk membaca Penghambat Sukses Bisnis Online Pemula

Berikut adalah beberapa ide bisnis yang bisa Anda jalani. Silahkan pilih yang sesuai dengan minat Anda.

  • Membuat Produk Sendiri. Anda bisa berbisnis dengan membuat produk sendiri, baik pabrikasi maupun industri rumahan.
  • Memberikan Jasa. Punya keahlian? Siapa yang membutuhkan keahlian Anda? Jika Anda bisa mengidentifikasikan siapa saja yang butuh keahlian Anda dan jumlah mereka banyak, maka Anda bisa menjual jasa Anda.
  • Menjadi Broker. Tidak punya produk? Tidak punya keahlian? Jangan pesimis, jualah produk dan jasa orang lain.
Dari Hardi Purba Blog lainnya:  Pentingnya Budaya Organisasi di Perusahaan

Jual Keahlian Anda. Jika Anda memiliki keahlian, selain menawarkan jasa, Anda bisa menawarkannya dalam bentuk sebuah buku atau ebook.

Saya harus mulai dari mana?

Pertanyaan sederhana bagi pemula: Saya harus mulai dari mana agar saya bisa menghasilkan uang dari internet?

Nah, mungkin anda juga memiliki pertanyaan yang sama. Baiklah, saya akan coba kasih gambaran apa saja yang harus anda lakukan agar bisa menjadikan internet sebagai “mesin uang” atau “ATM pribadi” bagi anda.

Yang pertama, yang harus anda miliki adalah mindset (pikiran) bahwa internet tidak akan membuat anda menjadi kaya raya dalam sekejap. Tetapi perlu pengorbanan waktu, biaya, dan tenaga sampai anda benar-benar mendapatkan hasil. Kebanyakan pemula ingin cepat mendapatkan hasil tanpa mau melakukan prosesnya.

Setelah itu, anda mulai belajar bikin produk, saya sarankan bikin produk digital seperti e-book (buku elektronik), software, dll. Atau jika anda tidak mau susah-susah, anda ikut affiliasi aja yakni menjadi affiliasi untuk memasarkan produk orang lain.

Dari Hardi Purba Blog lainnya:  Alasan Mengapa Perlu Buka Bisnis Online

Lalu anda harus mulai belajar membuat situs/blog, meski itu cuman situs/blog gratisan. Pada awalnya memang begitu, membuat situs/blog profesional tidak lebih rumit dibanding situs/blog gratisan. Yang penting anda sudah kuasai ilmunya, maka anda bisa membuat situs/blog sesuai keinginan anda.

Kemudian anda mulai belajar menciptakan traffic (kunjungan ke situs/blog anda) melalui berbagai metode periklanan online, seperti iklan baris, iklan ppc, e-mail marketing, iklan banner, dll.

Kalau tidak mau repot, anda bisa menggunakan jasa periklanan yang bersedia membantu anda mengiklankan situs/blog anda tanpa keterlibatan anda. Hanya saja anda perlu mengeluarkan biaya untuk membayar jasa mereka.

Yang terakhir adalah anda belajar mengotomatiskan bisnis online anda, agar anda tidak perlu keluar banyak waktu, biaya, dan tenaga untuk mengurus bisnis online anda.

Nah, jika anda memang serius ingin memanfaatkan internet untuk menghasilkan uang, maka sekaranglah saatnya anda mulai belajar apa yang saya uraikan di atas. Mudah-mudahan duit pertama dari internet segera masuk ke rekening anda.

 

Memulai Usaha Bisnis Online Bagi Pemula

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.