Pengertian Manajemen Bisnis dan Fungsinya

Manajemen Bisnis dan Fungsinya

Pengertian Manajemen Bisnis adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara administrasi bisnis, proses produksi dan unsur-unsur biaya, kualitas, logistik dan distribusi. Tujuannya adalah untuk menjamin dan terus meningkatkan efektivitas dan daya saing organisasi atau perusahaan tertentu.

Dengan kata lain, manajemen bisnis adalah tentang menerapkan inovasi terus-menerus, dari setiap sudut pandang, ke dunia administrasi bisnis, seperti yang didefinisikan oleh ekonom Austro-Amerika terkemuka Joseph Schumpeter (1883-1950). Dalam arti yang ketat, ini adalah cabang khusus dari administrasi bisnis , yang sering disebut Manajemen Bisnis saat ini .

Manajemen bisnis berjalan seiring dengan dunia teknologi yang terus berubah , dan menemukan dalam dinamika seperti otomatisasi, teknologi informasi , dan teknologi baru, seperangkat alat yang dapat digunakan untuk memperbarui dan meningkatkan kinerja bisnis dalam berbagai aspek dan levelnya.

Asal-usul Manajemen Bisnis

Meskipun pendahulunya dapat dilacak dengan satu atau lain cara ke bentuk organisasi atau perusahaan apa pun sepanjang sejarah, disiplin ini mengambil langkah formal pertama pada paruh pertama abad ke-20, terutama di masyarakat. dan sektor militer.

Dari Hardi Purba Blog lainnya:  Membuat Blueprint Kesuksesan

Penerapannya pada bidang swasta segera datang, terutama dari tangan para spesialis dalam tahap-tahap produktif tertentu, seperti Kaoru Ishikawa Jepang (1915-1989), salah satu eksponen utama metode ilmiah atau sistematis untuk perbaikan terus-menerus proses administrasi. . Proses perbaikan terus-menerus di sektor kualitas ini dikenal dengan nama Jepang Kaizen .

Pentingnya manajemen bisnis

Manajemen bisnis adalah disiplin yang sangat luas, yang saat ini semakin banyak perhatian diberikan. Hal ini disebabkan meningkatnya permintaan dari dunia bisnis akan profesional yang mampu (kembali) memikirkan dunia bisnis sesuai dengan perubahan kebutuhan waktu, yang membutuhkan pengalaman atau, sebagai alternatif, pelatihan akademik.

Dengan demikian, karena dunia bisnis menuntut lebih banyak dan lebih profesional yang lebih baik untuk mengarahkannya dan menjamin kelangsungan hidupnya, manajemen bisnis adalah disiplin mendasar dalam hal memperbarui atau memperbarui proses produksi .

Fungsi manajemen bisnis

Seperti disiplin ilmu serupa lainnya, manajemen bisnis berfokus pada analisis struktur organisasi, memperhatikan berbagai aspek yang dapat ditingkatkan. Untuk melakukan ini, biasanya menekankan empat poin dasar dari setiap proses produksi:

Dari Hardi Purba Blog lainnya:  Alasan Mengapa Perlu Buka Bisnis Online

Perencanaan

Ketentuan sebelumnya tentang tujuan yang akan dicapai, metode dan karakteristik lain dari proyek bisnis.

Organisasi

Distribusi sumber daya perusahaan yang ideal , dengan mempertimbangkan persamaan, perbedaan, tujuan, dan faktor lain yang dapat digunakan.

Komunikasi

Pertukaran data dan informasi yang relevan antara berbagai bagian organisasi, dan juga dengan dunia luar.

Kontrol

Pengambilan keputusan strategis didasarkan pada dinamika umpan balik (feedback) yang dimungkinkan dari informasi yang berasal dari proses produksi itu sendiri.

Teknik manajemen bisnis

Manajemen bisnis dipraktikkan melalui serangkaian teknik yang diterapkan pada berbagai proses administrasi organisasi, dengan tujuan untuk menjamin kelangsungan inisiatif bisnis dalam jangka panjang. Beberapa teknik tersebut adalah:

  • Analisis Strategis. Ini terdiri dari meninjau lingkungan sosial, politik dan ekonomi di mana perusahaan dimasukkan, untuk mengidentifikasi skenario eksternal yang dapat mempengaruhi kinerjanya.
  • Manajemen organisasi. Berfokus pada proses administrasi , terdiri dari meninjau struktur bisnis untuk masa depan, untuk merencanakan terlebih dahulu dinamika yang dibutuhkan organisasi untuk mendekati tujuan yang ditetapkan.
  • Manajemen Teknologi Informasi. Ini terdiri dari studi tentang strategi komunikasi perusahaan, dari sudut pandang TIK baru atau platform komunikasi canggih.
  • Manajemen keuangan. Ini terdiri dari meninjau proses perusahaan untuk mendapatkan, mengelola dan menginvestasikan modal, untuk mencapai pengembalian terbaik dalam jangka pendek, menengah dan panjang.
  • Manajemen sumber daya manusia. Ini terdiri dari meninjau strategi untuk mendapatkan dan mempertahankan personel organisasi, dari sudut pandang peningkatan manusia dan profesional perusahaan.
  • Pengelolaan lingkungan. Ini terdiri dari evaluasi kinerja perusahaan dalam menghadapi kebutuhan lingkungan atau lingkungan fisik di mana ia berada: polusi , tanggung jawab sosial, dll.
  • Manajemen Operasi. Ini terdiri dari studi tentang logistik, proses pasokan dan distribusi yang khas perusahaan, dan yang biasanya melibatkan bahan baku , energi , pasokan, layanan rutin, dll.
Dari Hardi Purba Blog lainnya:  Penghambat Sukses Bisnis Online Pemula

Demikian penjelasan singkat tentang apa itu manajemen bisnis, asal usulnya, fungsi dan tekniknya. Juga, mengapa itu menjadi penting.

 

Pengertian Manajemen Bisnis dan Fungsinya

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *